Berbagi Hobi di Dunia Maya

By: Veronica Sri Utami

(Tulisan ini adalah yang tersisa ketika saya menulis tentang manfaat hobi untuk kesehatan jiwa. agak susah memasukkannya dalam artikel yang sama, tapi sayang kalo dibuang. Semoga berguna…)

Pernah dengar tentang blog atau mailing list? Lewat media ini orang di manapun bisa dengan mudah dan cepat saling berhubungan. Memang, berkembangnya teknologi internet, membuat dunia seolah tanpa batas. Untuk mereka yang menggeluti hobinya, kedua media ini sangat membantu menjalin komunikasi dengan sesama penggemar hobi, bahkan yang berada di belahan dunia lain, tanpa harus pergi jauh.

Ruang Pribadi yang Bernama Blog

Blog bisa dikatakan sebagai ruang pribadi di dunia maya untuk memperkenalkan diri, hobi, pemikiran, dan segala hal yang berhubungan dengan dirinya kepada semua orang di dunia. Blog adalah kependekan dari Weblog, istilah yang digunakan oleh Jorn Barger untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu di-update secara kontinyu dan berisi link-link ke website lain yang dianggap menarik, dengan disertai komentar-komentar pribadi. Namun dalam perkembangannya, blog kini lebih menjadi sebuah ruang untuk menyampaikan suara pribadi, bahkan tidak lagi memuat link-link menarik yang pernah mereka kunjungi. Lewat ruang ini pula, para blogger (pemilik blog) dapat bertukar pikiran dengan orang lain yang minatnya sama. Blog ini akhirnya juga digunakan oleh para peminat hobi tertentu untuk bertukar cerita dan ilmu menyangkut hobi mereka. Hal ini diakui oleh Thata, yang menekuni hobi merajut, sekaligus pemilik http://dinamiccrochet.blogspot.com, “Tujuannya pertama-tama untuk mensharingkan karya-karya saya sehingga orang terpacu untuk menyukai hobi ini, karena crocheting dan knitting di Indonesia masih jauh tertinggal. Ternyata tanggapan yang saya terima luar biasa, banyak designer dari luar negeri yang memberikan support dan tanggapan positif, bahkan dimuat dalam Craftgossip US.”

Bertukar Cerita Lewat mailing List

Selain blog, wadah lain yang sering digunakan untuk bertukar cerita dan pengalaman tentang hobi adalah milis. Mailing list atau lebih dikenal sebagai milis adalah komunitas orang-orang yang memiliki hobi atau minat yang sama, yang berkomunikasi lewat e-mail. Milis biasanya memiliki sebuah alamat e-mail yang digunakan untuk mengirim pesan, baik berupa cerita, informasi baru, pendapat, atau hal apa pun yang berhubungan dengan minat anggota milis tersebut. Pesan yang masuk akan disebarkan ke semua alamat e-mail anggotanya. Arleen Amidjaja, penulis buku anak, yang mengatakan bahwa menulis adalah hobinya, selain memiliki blog sendiri juga menjadi anggota milis penulis bacaan anak. Diakuinya bahwa milis dan blog dapat dijadikan ajang komunikasi. “Saya menggunakan milis dan blog saya ini untuk berkomunikasi dengan ibu-ibu yang lain. Saya ingin mengajak ibu-ibu untuk lebih membiasakan anak-anak membaca dari kecil, meskipun buku harganya mahal sekali. Kadang saya memberi info tentang website-website yang memiliki story online gratis, supaya anak Indonesia dapat tambahan bacaan lain yang gratis. Ada juga informasi tentang kegiatan-kegiatan dengan alat yang tidak mahal, supaya uangnya tidak habis untuk beli mainan, tapi juga bisa untuk beli buku. Pokoknya, milis dan blog itu ajang komunikasi dan curhat,” kata Arleen menegaskan.

Nah, tunggu apa lagi? Silakan kunjungi website, blog, atau mailing list yang sesuai dengan hobi Anda untuk bertukar cerita, pengalaman, atau menambah pengetahuan dari orang lain yang memiliki hobi sama.

Daftar website dan mailing list kelompok-kelompok hobi:

www.philatelists.com (berisi beragam info tentang filateli, sejarah, koleksi terbaru perangko berbagai negara).

www.aperture-photo.com (berisi perkembangan di bidang fotografi dan akses ke berbagai karya fotografer dunia).

www.wrm-indonesia.org (berisi kegiatan para ibu, cara mendidik anak, dan sharing masalah anak; wrm singkatan dari We R Mommies).

www.balita-anda.indoglobal.com (berisi permasalahan dan perkembangan balita)

www.sehatgroup.web.id (berisi permasalahan kesehatan).

www.bundainbiz.com (informasi bagi para ibu yang tertarik belajar bisnis dan bekerja dari rumah).

www.merajut.com (untuk Anda yang ingin tahu cara merajut).

www.knittinghelp.com (tentang merajut)

www.nexstitch.com (tentang merajut)

www.indokarlmay.com (berisi segala hal tentang novel petualangan dari Jerman, Karl May).

dapurbunda@yahoogroups.com (mailing list memasak berbahasa Indonesia)

naturalcookingclub@yahoogroups.com (banyak dibicarakan resep dan seni memasak)

resep_kita@yahoogroups.com (untuk Anda yang suka memasak dan ingin berbagi resep)

mari_merajut@yahoogroups.com (mailing list bagi yang suka dan dan ingin belajar merajut)

anggrek@yahoogroups.com (forum pecinta anggrek Indonesia)

tintin_id@yahoogroups.com (milis untuk penggemar komik petualangan Tintin)

tjersil@yahoogroups.com (komunitas pencinta cerita silat)

indo_lotr@yahoogroups.com (kelompok penggemar buku Lord of The Ring).

KLUBBUKU-INDONESIA@yahoogroups.com (kelompok pecinta buku)

penulis-bacaan-anak@yahoogroups.com (untuk mereka yang suka menulis, terutama yang berhubungan dengan dunia anak)