Wisata Dekat, Murah dan Meriah di Situ Cipondoh

Refreshing, tentu dibutuhkan. Buat anak-anak, yang tiap hari dipusingkan dengan segala kegiatan sekolah, juga buat kita, utban mama, yang nggak hanya pusing masalah anak, juga mikir sarapan keluarga, makan siang, malam, bekal bocah-bocah, belom lagi urusan kantor dan pekerjaan.

Liburan keluar kota, menginap di hotel 1-2 hari, tentu menyenangkan. Tapi kan nggak setiap weekend/libur bisa begitu. Selain kantong bisa jebol, seringnya juga tidak ada cukup waktu longgar untuk liburan macam begitu.

Solusi ketika waktu refreshingnya mepet, adalah dengan mencari tempat wisata yang dekat rumah.

Beruntung, di dekat kami tinggal, di daerah Tangerang Selatan, ada tempat wisata yang lumayan murah meriah.

Namanya Situ Cipondoh. Letaknya di jln KH Hasyim Ashari, Cipondoh, Tangerang. Dari Bintaro, tempat kami tinggal, paling hanya butuh waktu 20 menitan.
Bisa dijangkau dari arah Jakarta Selatan, dari Ciledug, menuju je jln. kh Hasyim Ashari. Juga dari arah Tangerang Kota.

Selain dengan kendaraan pribadi, Tempat ini mudah dijangkau juga dengan angkutan umum, terutama dari arah Ciledug yang menuju Tangerang.

Masuk ke area Situ, cukup membayar tiket 5000 rupiah per orang. Tidak masuk ke area ini pun tetap bisa menikmati suasana danau, dari luar area wisata. Selain kita bisa duduk2 santai menikmati pemandangan danau, ada wisata air yang cukup menarik juga untuk anak-anak, yaitu sepeda air. Atau kalau saya menyebutnya sih perahu bebek (meskipun tidak semua bentuk perahunya bebek). Sekali naik, antara 20.000-30.000 (saya lupa tepatnya). Pilihan lainnya adalah kapal motor yang akan mengajak berkeliling danau.

Kami sekeluarga memilih perahu bebek. Idealnya sih, perahu hanya cukup untuk 2 orang dewasa dan 1 anak. Tapi toh kan anak kedua masih kecil, jadi boleh lah minta dispensasi, hhehe… Jadilah kami berempat naik 1 perahu.

Lumayan melelahkan juga (karena sudah lama tak menggenjot sepeda), tapi karena ada banyak pepohonan tumbuh dinsekitar Situ, kalau capek menggenjot perahunya, kamipun ngadem di tempat teduh sambil menikmati pemandangan danau.

Jangan khawatir lupa waktu, karena petugas akan memanggil nomor perahu kita ketika waktu habis, kalau tak dengar (atau pura-pura nggak dengar, karena masih asyil main perahu), akan ada petugas dengan kano yang akan mendekat dan memanggil Anda untuk menyudahi sesi main sepeda air.

Sebenarnya ada juga area bermain anak, seperti perosotan, ayunan, bahkan flying fox. Tapi kami tak sempat mencoba, karena sudah terlalu sore ketika itu.

Lelah mengayuh perahu, ada banyak penjual makanan di dalam kawasan itu. Mau sekadar camilan, bisa panggil tukang tahu sumedang (yang swear, tahunya dibikin “beneran”, gendut-gendut, nggak kering, seperti yang sering dijajakan di bis/pinggir jalan, dan rasanya enak), atau sekadar minum teh atau ngopi.

Mau makan berat? Di sekitar danau juga banyak tempat makan dengan aneka pilihan makanan. Makan sambil menikmati suasana danau yang teduh pasti nikmat sekali…

Asyiknya lagi, karena dekat rumah, perjalanan ke dan dari Situ Cipondoh tidak perlu pusingkan dengan macet dan capek di jalan.

Nah, buat yang tinggal di sekitaran tangerang selatan atau Tangerang, dan belum pernah ke Situ Cipondoh, tempat ini bisa jadi alternatif tempat rekreasi. Yang jauh juga boleh sih, kalau capek di jalan, mampir di rumah saya juga boleh kok..